Proses Melahirkan

Bookmark and Share
Proses Melahirkan - Disaat usia kandungan Ibu telah memasuki bulan ke 9, maka segala sesuatu sudah harus dipersiapkan untuk menyambut kedatangan sang buah hati, termasuk persiapan waktu datangnya kelahiran. Patut diketahui oleh para calon Ibu, beberapa tahapan dalam proses melahirkan anak. Dalam hal ini ada 2 proses kelahiran, yaitu kelahiran normal dan kelahiran dengan operasi cesar.

Sebenarnya proses melahirkan normal dan cesar tidaklah begitu rumit, walaupun untuk melahirkan secara normal butuh perjuangan extra dari seorang Ibu. Berbeda dengan proses melahirkan secara sesar, tidak ada rasa sakit yang dirasakan disaat mengeluarkan bayi dari dalam perut, karena dokter akan memberikan obat bius melalui suntikan. Tapi dalam proses kelahiran cesar, biaya yang dikeluarkan saat ini bisa lebih dari 5 jutaan, selain itu Ibu harus lebih berhati-hati dalam setiap tindakan, karena luka bekas sayatan diperut harus dijaga, luka diperut akan terasa sakit untuk tertawa, mengejan, aktifitas, serta tidak boleh mengangkat benda2 berat. Gerakan yang berlebihan pada Ibu yang telah melakukan operasi cesar akan mengakibatkan luka yang belum kering terbuka. Perlu sekitar 1 bulan untuk benar-benar sembuh dari operasi sesar/ cesar.

Operasi cesar dilakukan karena beberapa hal, seperti sang Ibu memiliki dana yang cukup serta tidak ingin merasakan sakit di saat melahirkan normal, walaupun banyak perempuan tidak merasakan sakit disaat melahirkan normal, tapi hal ini dilarang oleh agama, karena sang Ibu masih bisa melahirkan secara normal. yang kedua karena ada penyakit dalam diri Ibu hamil, seperti darah tinggi, mata minus berlebih, ketuban habis dll. Hal ini jika tidak dilakukan operasi cesar akan dapat membahayakan Ibu dan bayi yang dikandungnya.
Di dalam proses kelahiran normal akan ada beberapa fase atau tahapan pembukaan, yaitu bukaan 1-10 yang detailnya akan saya jelaskan dibawah ini :

Proses Melahirkan

Sebelum terjadinya kelahiran, akan dirasakan oleh sang Ibu adanya kontraksi di dalam rahim, sebagian besar di sertai dengan keluarnya air ketuban yang banyak, kadang disertai lendir bercampur darah. Jika hal ini terjadi, segera bawa calon Ibu ke dokter atau bidan terdekat untuk dilakukan tindakan selanjutnya.
 
Akan ada pembukaan disaat proses melahirkan. Pembukaan biasanya di ketahui oleh bidan/ dokter, tapi Ibu hamil juga dapat merasakannya. Istilah pembukaan disaat melahirkan normal dihitung dengan satuan sentimeter (cm). Tahapan pembukaan dalam istilah kedokteran berkisar antara 1 sampai 10 cm. Maka, disaat dokter berkata pembukaan 4 itu berarti mulut rahim anda terbuka sebesar 4 cm. Dan itu berarti jalan lahir anak anda terbuka selebar 8 cm. Dan pembukaan dikatakan lengkap ketika sudah mencapai 10 cm. Bila telah mencapai pembukaan 10 cm berarti sang bayi siap untuk keluar menuju dunia baru.
Pada tahap ini dikatakan pembukaan sempurna, karena bayi memiliki jalan yang cukup untuk menuju keliang vagina. Biasanya waktu pembukaan untuk kelahiran pertama lebih lama dibanding mereka dengan kelahiran yang kedua. Setelah pembukaannya lengkap, maka siap menuju tahap selanjutnya, yaitu kelahiran bayi. Itulah yang dimaksud pembukaan pada proses melahirkan normal.

Sebelum proses melahirkan terjadi, perlu juga diketahui tanda-tanda Ibu akan melahirkan. Untuk tanda-tanda melahirkan silahkan lihat video di bawah ini :

Video Tanda-Tanda/ Gejala Akan Melahirkan

video

Keterangan Video Diatas :

Mucous plug = Mukosa terpasang
Bloody show = Darah terlihat
Ruptured amnionic sac = Kantung ketuban pecah
Is also known as the "water breaking" = Juga dikenal sebagai "pemecahan air"

Gejala Akan Dimulainya Kelahiran : 

  • Kontraksi
  • Darah terlihat
  • Air ketuban keluar


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar